Senin, 07 Januari 2013

Brussel, Manneken piss

Manneken piss atau Anak kecil lagi kencing, itulah simbol atau ikon untuk kota brussel Belgia. Sebenarnya patung ini sangat terkenal juga di indonesia, kalo pada punya kolam kecil atau aquarium dirumah, maka ikon ini tidak akan asing lagi.

Dengan rasa penasaran, membayangkan gimana sih manneke piss ini...kok terkenal banget. Ternyata hanya patung kecil disudut kota...yaelah....apanya yang istimewa pikirku....tapi yah itu. Terkenal yah terkenal aja...he2.

Sejarah punya sejarah...ternyata banyak cerita dibalik patung ini. Ada versi yang mengatakan bahwa ada saudagar kaya yang kehilangan anaknya waktu dikota ini...maka dengan imbalan besar siapa yang menemukan anak kecil ini akan diberi hadiah besar. Maka ditemukanlah anak kecil ini sedang kencing di sudut kota...Begitu senangnya hingga dibuatlah patung taman di sudut kota brussel ini.

Ada versi lain yang mengatakan bahwa dulu ada kebakaran disudut kota dan kebakaran tersebut bisa dipadamkan oleh anak kecil dengan kencingnya...Ada2 saja....yah itulah namanya legenda....

Ini dia si "manneken Piss"



Sudut kota brussel



Musim gugur di brussel


Royal Museum of de armed forces


Tidak ada komentar:

Posting Komentar