Sabtu, 16 Februari 2013

Garuda Indonesia

Pertama kali lihat reklame ini langsung seneng...Ingat kampung halaman. Setelah lihat sampai selesai ...terutama video Batul Loomans...jadi berfikir...
Dia membuat perusahaan kerajianan tangan terutama produk pernak pernik perhiasan batu...kayak gelang, cincin, dll.
Dia menjual produksinya mahal2...dan dibuat di Bali.

Tentu saja usaha ini akan membuat penduduk lokal setempat mendapat pekerjaan dan membuat kemakmuran masyarakat setempat. Tapi boleh dibilang juga dia memilih Indonesia, karena tenaga kerja, biaya produksi di Indonesia lebih murah.

Seperti persoalan klasik dari dulu..bangsa Indonesia selalu menjadi pekerja murahan di negaranya sendiri, dimana pemiliknya selalu orang asing.Dan yang bikin enek...yang beli dengan harga mahal adalah orang Indonesia sendiri.

Contoh lain tanaman coklat. Indonesia yang begitu kayanya akan tanaman coklat, tidak ada coklat merk Indonesia yang terkenal. Belanda, Swiss: yang notabene ngga ada tamaman coklat, menjadi termasuk salah satu penghasil coklat terenak didunia......bahannya pasti salah satunya juga dari Indonesia.

But.....memang tidak bisa disimpulkan dengan begitu sederhananya. Tapi semoga ini menjadi cambuk, terutama bagi diri saya sendiri....untuk lebih trampil, bekarya,dan bermanfaat bagi orang banyak.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar